Praktikum Jaringan Komputer Modul 10 (DNS)

LAPORAN PRAKTKUM

JARINGAN KOMPUTER

MODUL 10




"DNS (DOMAIN NAME SYSTEM) & WEB SERVER"





                                                                         Disusun Oleh :

                                                    Nama : Muhammad Farhan Nugraha
                                                    NIM : 20170920001
                                                    Kelas : SI 2016 C


FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
TAHUN AKADEMIK
2017/2018



KATA PENGANTAR


Assalamu'alaikum Wr.Wb

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan karunia dan nikmatnya, tidak lupa sholawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW kepada keluarga, sahabat dan tidak lupa kita selaku ummatnya yang taat dan patuh pada perintah dan ajarannya.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan laporan praktikum Jaringan Komputer dengan judul "DNS (DOMAIN NAME SYSTEM) & WEB SERVER" sebagai syarat mengikuti praktikum selanjurnya dan menjadi bahan penilaian terhadap aktivitas perkuliahan khususnya Praktikum Jaringan Komputer di Laboratorium Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan.

Saya memohon maaf apabila dalam penyusunan laporan ini ada kesalahan penyusunan laporan, akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb




Kuningan, 16 Januari 2018







Penyusun                  



 DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1 DASAR TEORI

BAB II PEMBAHASAN
2.1 DESAIN JARINGAN
2.2 KONFIGURASI DNS SERVER
2.3 TUGAS

BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN

DAFTAR PUSTAKA

BAB I PENDAHULUAN

1.1 DASAR TEORI

Pengertian DNS (Domain Name System)

Domain Name System (DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan : Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.
DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikan info.uniku.ac.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 180.250.70.75 (Ipv4).

Fungsi DNS (Domain Name System)

Fungsi dasar dari DNS (Domain Name System) adalah untuk menerjemahkan atau mentranslasikan alamat ip menjadi sebuah nama domain dan juga sebaliknya. Contohnya saja alamat facebook.com, google.com, dan situs-situs lainnya merupakan alamat ip dari situs tersebut yang kemudian ditranslasikan menjadi sebuah nama domain.

Manfaat DNS (Domain Name System )

Manfaat yang paling umum dari DNS (Domain Name System) tentu saja untuk mempermudah pengguna dalam mengakses situs yang kita buat. Secara umum manusia lebih mudah mengingat kata dari pada mengingat angka, karena itu para pengguna internet akan lebih mudah untuk mengingat alamat situs kita berupa nama domain daripada berupa alamat ip.

Pengertian Server atau Web Server

Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Fungsi Server atau Web Server

Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi.

BAB II PEMBAHASAN

2.1 DESAIN JARINGAN

Dengan menggunakan simulator cisco packet tracer, tambahkan switch, server dan beberapa PC sesuai dengan desain jaringan berikut :
Konfigurasi terlebih dahulu IP Address server dan masing-masing PC


2.2 KONFIGURASI DNS SERVER

Percobaan 1

Menambahkan DSN A Record (facebook.com tanslate to ip 10.10.10.11)
Klik kiri pada server0 -> pilih service -> DNS
Sesuaikan konfigurasi dengan tampilan berikut :


Simpan konfigurasi dengan menekan tombol Add
Testing dns record menggunakan tool nslookup dan ping dari server atau salah satu pc dijaringan dengan perintah : nslookup facebook.com ping facebook.com


Percobaan 2

Menambahkan DNS A Record (twitter.com translate to ip 10.10.10.12)
Klik kiri pada server0 -> pilih service -> DNS
Sesuaikan konfigurasi dengan tampilan berikut :


Simpan konfigurasi dengan menekan tombol Add
Testing dns record menggunakan tool nslookup dan ping dari server atau salah satu pc dijaringan dengan perintah : nslookup twitter.com ping twitter.com


Percobaan 3

Mengaktifkan Service WEB pada SERVER
Klik kiri pada server0 -> pilih service -> HTTP
Sesuaikan konfigurasi dengan tampilan berikut ini :


Akses tampilan index.html pada server dengan menggunakan browser pada salah satu PC dijaringan !


Tampilan pada browser merupakan hasil interpreter web server terhadap script index.html

Tambahkan A Record : coba.com yang di translatekan ke ip 10.10.10.10
Akses dengan menggunakan web browser pada salah satu PC !
Sesuaikan dengan tampilan berikut ini :


2.3 TUGAS

1. Tambahkan 2 buah PC ke jaringan, koneksikan ke switch port yang masih tersedia dan lakukan konfigurasi ip address static supaya bisa berkomunikasi dengan semua pc yang ada di jaringan!

2. Lakukan konfigurasi DNS server supaya menambahkan A Record : google.com yang di translate ke salah satu ip address PC yang baru ditambahkan !


3. Tambahkan juga A Record : uniku.ac.id yang di translate ke IP Address PC terakhir yang ditambahkan ke jaringan !


4. Lakukan testing DNS record dengan menggunakan perintah : nslookup untuk melakukan testing terhadap semua record DNS yang telah diinputkan !


5. Tambahkan A Record : nama_panggilan.com translatekan ke ip 10.10.10.10 kemudian testing dengan perintah nslookup pada salah satu PC !


6. Edit file index.html pada HTTP server, sehingga menampilkan identitas diri (NIM, NAMA, KELAS) .. Tampilkan file index.html yang sudah di edit tersebut dengan menggunakan string A Record (nama domain yang sudah dibuat di tugas no.5)



BAB III PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

Domain Name System (DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer.
Fungsi dasar dari DNS (Domain Name System) adalah untuk menerjemahkan atau mentranslasikan alamat ip menjadi sebuah nama domain dan juga sebaliknya.
Manfaat yang paling umum dari DNS (Domain Name System) tentu saja untuk mempermudah pengguna dalam mengakses situs yang kita buat.
Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.
Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa.

DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Jaringan Komputer Modul 2 (IP Addressing dan Simulator Cisco Packet Tracer)

Praktikum Jaringan Komputer Modul 7 (Static Routing)

Praktikum Jaringan Komputer Modul 4 (VLAN TRUNKING)