Praktikum Sistem Manajemen Basis Data Modul 2 (Select Index From)

LAPORAN PRAKTIKUM

SISTEM MANAJEMEN BASIS DATA

MODUL 2


"SELECT INDEX FROM"


Disusun Oleh :

                                                 Nama : Muhammad Farhan Nugraha
                                                 NIM   : 20170920001
                                                 Kelas : SI 2015 A

FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
TAHUN AKADEMIK
2017/2018


KATA PENGANTAR 

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Puji dan Syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan karunia dan nikmatnya, tak lupa sholawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW kepada keluarga, sahabat dan tidak lupa kita selaku ummatnya yang taat dan patuh pada perintah dan ajarannya.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan Laporan Praktikum Sistem Manajemen Basis Data dengan judul "SELECT INDEX FROM" sebagai syarat mengikuti praktikum selanjutnya dan menjadi bahan penilaian terhadap aktivitas perkuliahan khususnya Praktikum Sistem Manajemen Basis Data di Laboratorium Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan.

Saya memohon maaf apabila dalam penyusunan laporan ini ada kesalahan penyusunan laporan, Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb



Kuningan, 16 November 2017





Penyusun                  


DARTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Landasan Teori

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Praktikum

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan

DAFTAR PUSTAKA

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Landasan Teori

Pada praktikum sebelumnya, kita sudah membahas tentang perintah "CREATE", pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang perintah "SELECT INDEX FROM".
SELECT berfungsi untuk memilih, menyeleksi, atau menampilkan data-data yang ada dalam sebual tabel, baik menampilkan semua kolom, sebagian kolom, serta berdasarkan kondisi.
DISTINCT berfungsi untuk menampilkan data pada suatu kolom field, namun biasanya pada kolom field terdapat data yang sama, dengan fungsi distinct ini data yang sama hanya ditampilkan sekali saja, sehingga tidak terjadi perulangan pada saat menampilkan data.
INDEX adalah objek pada SQL yang berisi data yang terurut dari nilai-nilai pada satu atau lebih field dalam suatu tabel. Sama seperti daftar isi pada sebuah buku, index terutama digunakan untuk mempercepat pencarian terhadap seuatu set data dengan kondisi tertentu yang melibatkan kombinasi field yang sudah didefinisikan dalam suatu index.
Tanpa Index, pencarian data biasanya akan memakan waktu lama, terutama jika data sudah dalam skala jumlah yang sangat besar.
Bentuk umum perintah Select Index From :
SELECT*|{[DISTINCT] column | expression [alias],...} FROM table;

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Praktikum

  • Kita ingin menampilkan no product serta jumlah product yang tersedia melalui table product, caranya sebagai berikut :
  1. Tulis perintah SELECT * FROM product dalam query dan blok perintah tersebut, kemudian klik kanan pada mouse pilih execute query atau langsung tekan tombol F9 untuk menampilkan tabel product

       2. Kemudian akan muncul tabel product


      3. Kemudian tulis perintah SELECT ProdNo, ProdQOH FROM product untuk menampilkan
          no product serta jumlah product yang tersedia, maka akan menampilkan gambar seperti
          berikut :

  • Kita ingin menampilkan nama belakang salesman, komisi, dan komisi ditambah 200 dari tabel salesman, maka tulis perintah SELECT EmpLastname, EmpCommRate, EmpCommRate+200 FROM SALESMAN maka akan menampilkan gambar seperti berikut :
  • Kita ingin menampilkan no salesman, nama belakang salesman, dan email salesman dari tabel salesman, maka tulis perintah SELECT EmpNo, EmpLastname, EmpEmail FROM salesman, maka akan menampilkan gambar seperti berikut : 
  • Kita ingin menampilkan no salesman, nama depan salesman, no supplier, komisi dan komisi dikali 3 ditambah 300, maka tulis perintah SELECT EmpNo, EmpFirstname, SupEmpNo, EmpCommRate, EmpCommRate*3+300 FROM salesman, maka akan menampilkan gambar seperti berikut :
  • Kita ingin menampilkan EmpFirstname sebagai nama dan EmpCommRate sebagai komisi, maka tulis perintah SELECT EmpFirstname AS Nama, EmpCommRate AS Komisi FROM salesman, maka akan menampilkan gambar seperti berikut :

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan

SELECT berfungsi untuk memilih, menyeleksi, atau menampilkan data-data yang ada dalam sebual tabel, baik menampilkan semua kolom, sebagian kolom, serta berdasarkan kondisi.
DISTINCT berfungsi untuk menampilkan data yang sama yang hanya ditampilkan sekali saja.
INDEX adalah objek pada SQL yang berisi data yang terurut dari nilai-nilai pada satu atau lebih field dalam suatu tabel.
Bentuk umum perintah Select Index From :
SELECT*|{[DISTINCT] column | expression [alias],...} FROM table;

DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Jaringan Komputer Modul 2 (IP Addressing dan Simulator Cisco Packet Tracer)

Praktikum Jaringan Komputer Modul 7 (Static Routing)

Praktikum Jaringan Komputer Modul 4 (VLAN TRUNKING)