Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) Modul 1 (PHP)


Pengertian dan Pengenalan OOP pada PHP

Penegrtian dan Pengenalan OOP pada PHP – Pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang OOP di PHP. Apa itu OOP? dan bagaimana cara penggunaannya di PHP?
Sebelum lebih jauh masuk ke cara penggunaan dan pembuatan aplikasi dengan PHP OOP, akan saya jelaskan terlebih dulu pengertian dan pengenalan dari OOP pada PHP itu sendiri.
OOP adalah singkatan dari Object Oriented Programming. OOP merupakan metode pemrograman yang lebih berorientasi pada objek. Maksudnya pemrograman yang lebih terpusat pada objek. Sehingga akan lebih sangat memudahkan kita didalam membuat aplikasi. Sebenarnya OOP lebih didukung pada pemrograman JAVA dan C++, tetapi di PHP sudah sangat didukung pada versi PHP5. Kenapa OOP sangat bagus jika diterapkan pada pembuatan aplikasi? Berikut ini saya uraikan kelebihan-kelebihan penggunaan OOP.

Kelebihan OOP pada PHP

Sebenarnya kelebihan ini tidak hanya berlaku di PHP saja, disemua bahasa pemrograman juga ber-efek. Berikut ini adalah kelebihan menggunakan OOP dalam membuat aplikasi.
  • Syntax lebih terstruktur
  • Terokemendasi
  • Sangat efektif jika digunakan untuk membuat aplikasi yang berskala besar
  • Lebih mudah dan menghemat waktu, karena fungsi/function bisa dipanggil berulang-ulang kali, tergantung keperluan
  • Aplikasi lebih mudah dikembangkan

Apa saja yang dipelajari pada konsep OOP

Adapun yang akan kita pelajari dan dipahami untuk menggunakan metode OOP adalah sebagai berikut :
  • Pengenalan struktur OOP PHP Dasar
  • Class, Atribute/Property, Method, dan Object pada OOP PHP
Oke langsung saja kita ke pembahasan yang pertama, yaitu Class

Pengertian Class Dalam OOP pada PHP

Calss didalam OOP digunakan untuk membuat sebuah kerangka kerja. Bisa dikatakan sebagai library. Class berisi property/atribute dan method. Jadi ibaratnya class adalah sebuah wadah yang menyimpan property dan method. Dan objek yang dihasilkan biasanya berdasarkan isi dari class.
Didalam OOP PHP class ditulis dengan awalan syntax class. Dan kemudian baru diikuti dengan nama classnya. Contoh penulisan class seperti berikut :


Pengertian dan cara penulisan Property/Atribute didalam OOP pada PHP

Property/Atribute adalah data-data yang terdapat didalam class. Datanya biasanya berupa sifat. Kegunaan property pada sebuah class sama dengan kegunaan variabel di php. Bisa digunakan untuk menyimpan data dan lain-lain. Penulisan property pada class adalah dengan diawali syntax var. Contoh penulisan property sebagai berikut :


Pengertian Method dalam OOP pada PHP

Method adalah sebuah aksi yang terdapat didalam class. Penulisan method pada class OOP adalah menuliskan syntax function diawalnya, lalu kita ikuti dengan nama method tersebut. Contoh penulisan method sebagai berikut :


Pengertian dan Contoh Object pada OOP pada PHP

Object adalah output dari class, dan object dapat menampilkan atau mengelola isi class. Seluruh isi class akan kita intansiasikan menjadi object. Contoh penulisan object sebagai berikut :


Perhatikan pada contoh penulisan object pada oop diatas, penulisan object diawali dengan syntax new, dan kemudian diikuti dengan nama class yang ingin diinstansiasi.

Contoh Pemrograman Berorientasi Object pada PHP (OOP)

Berikut adalah contoh syntax penulisan metode OOP di PHP.

Hasil running nya adalah sebagai berikut :

Kemudian contoh program yang lain

Hasil running nya adalah sebagai berikut :


Sekian pembahasan tentang Pengertian Class, Property, Method, dan Object (OOP pada PHP) serta contoh programnya. Semoga bermanfaat.
Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

https://www.malasngoding.com/pengertian-dan-pengenalan-oop-pada-php/
https://www.malasngoding.com/php-oop-part-2-pengertian-class-object-property-dan-method/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Jaringan Komputer Modul 2 (IP Addressing dan Simulator Cisco Packet Tracer)

Praktikum Jaringan Komputer Modul 7 (Static Routing)

Praktikum Jaringan Komputer Modul 4 (VLAN TRUNKING)