Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) Modul 2 (Java)
PENGENALAN OBJEK DAN CLASS
I. Landasan Teori
Objek
Kesatuan entitas (benda), baik yang berwujud nyata ataupun hanya suatu system/konsep yang memiliki sifat, karakteristik dan fungsi.Class
Class merupakan cetak biru (blue print) dari objek atau dengan kata lain sebuah class menggambarkan ciri-ciri objek secara umum.Atribut
Atribut merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Atributes mempresentasikan karakteristik dari suatu object.Method
Apa saja yang membuat dilakukan/dialami oleh suatu objek. Jika bersifat static berarti dilakukan oleh semua objek dalam kelas tersebut.This
This digunakan untuk membedakan variabel yang dideklarasikan pada parameter didalam method dengan variabel yang dideklarasikan pada class.Access Modifier
Yang dimaksud dengan access modifier adalah pengaturan hak akses class maupun method. Ada akses yang tersedia, yaitu default, public, protected, private.Instance of Class
Objek yang di instan atau dibuat dari class.Input Data
Dalam pemrograman java, untuk menginputkan data dari keyboard ada 2 cara, yaitu :1. Input dari metode console, yaitu dengan memanfaatkan class BufferedReader dan InputSteamReader.
Untuk bisa mengakses class BufferedReader maka perlu menginpor dari package java.io.* dan menambahkan statement throws IOException pada header method main.
2. Inputan dengan memanfaatkan class JOptionPane.
Untuk bisa menggunakan class JoptionPane, maka perlu mengimpor dara package javax.swing.* dan gunakan method showInputDialog() yang terdapat pada class JOptionPane.
Java Documentation
Merupakan dokumentasi dari kelas-kelas yang sudah disediakan oleh java yang berupa API (Application Programming Interface), dan siap untuk digunakan.II. Praktikum
Praktikum 1
1. Buatlah project baru dengan Neatbeans2. File -> New Project -> Choose Project (Java Aplication)
3. Named and Location (Tentukan nama file project dan lokasi penyimpanan yang akan dibuat)
4. Buat File Empty Java File Baru (Klik kanan source -> New Other)
5. Pilih Java -> Empty Java File
6. Beri nama File Class Java yang akan dibuat serta tentukan lokasi penyimpanannya.
Menuliskan Kode Program Java
Java Input Data
7. Ketikkan Source Code berikut ini pada file Praktikum1.java
8. Simpan file tersebut
Menjalankan Program Java
9. Klik kanan pada file Praktikum1.java -> pilih Run File
10. Masukkan Nama, Kota asal, lalu hasilnya adalah sebagai berikut :
Praktikum 2
1. Buatlah file Empty Java File java pada project tersebut dengan nama Praktikum2.java2. Ketikkan kode program berikut :
3. Jalankan program tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :
Praktikum 3
Membuat objek pada sebuah class1. Buatlah file empty java file java pada project tersebut dengan nama Balok.java
2. Ketikkan kode program berikut :
3. Buatlah file empty java file java pada project tersebut dengan nama VolumeBalok.java
4. Ketikkan kode program berikut :
5. Jalankan file VolumeBalok.java tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :
III. Latihan / Post Test
4. Buatlah program penerapan class, object, atribut, method seperti praktikum 3 dengan class/objek yang lain.Disini saya akan membuat program tentang volume kubus.
Pertama, kita buat class baru dan beri nama Kubus.java
Class Kubus.java berisi tentang atribut yang akan digunakan untuk menghitung volume kubus.
Source Code nya adalah sebagai berikut :
Kedua, kita buat class baru dan beri nama VolumeKubus.java
Class VolumeKubus.java berisi tentang keselurahan program yang akan menghitung volume kubus.
Source Code nya adalah sebagai berikut :
Kemudian kita jalankan File VolumeKubus.java tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :
5. Modifikasi Praktikum 3, sehingga nilai balok untuk panjang, lebar, dan tinggi diinputkan seperti praktikum 1
Source code nya adalah sebagai berikut :
Dan class Balok.java harus dibawa karena berisi atribut untuk menjalankan program dari class PostTest5.java
Kemudian jalankan file PostTest5.java tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :
Kita inputkan Panjang : 5, Lebar : 6, Tinggi : 7, maka volume balok dari program tersebut adalah 210 cm3
IV. Tugas Individu
2. Buatlah Program Praktikum 3 dengan inputan data menggunakan JOptionPaneBerbeda dengan PostTest, kali ini kita akan menggunakan JOptionPane untuk menginputkan datanya
Source code nya adalah sebagai berikut :
Kemudian bawa kembali class Balok.java sebagai atribut untuk menjalankan program dari class TugasIndividu.java
Kemudian jalankan file TugasIndividu.java tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :
Komentar
Posting Komentar