Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) Modul 2 (Java)

PENGENALAN OBJEK DAN CLASS

I. Landasan Teori

Objek

Kesatuan entitas (benda), baik yang berwujud nyata ataupun hanya suatu system/konsep yang memiliki sifat, karakteristik dan fungsi.

Class

Class merupakan cetak biru (blue print) dari objek atau dengan kata lain sebuah class menggambarkan ciri-ciri objek secara umum.

Atribut

Atribut merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Atributes mempresentasikan karakteristik dari suatu object.

Method

Apa saja yang membuat dilakukan/dialami oleh suatu objek. Jika bersifat static berarti dilakukan oleh semua objek dalam kelas tersebut.

This

This digunakan untuk membedakan variabel yang dideklarasikan pada parameter didalam method dengan variabel yang dideklarasikan pada class.

Access Modifier

Yang dimaksud dengan access modifier adalah pengaturan hak akses class maupun method. Ada akses yang tersedia, yaitu default, public, protected, private.

Instance of Class

Objek yang di instan atau dibuat dari class.

Input Data

Dalam pemrograman java, untuk menginputkan data dari keyboard ada 2 cara, yaitu :
1. Input dari metode console, yaitu dengan memanfaatkan class BufferedReader dan InputSteamReader.
Untuk bisa mengakses class BufferedReader maka perlu menginpor dari package java.io.* dan menambahkan statement throws IOException pada header method main.
2. Inputan dengan memanfaatkan class JOptionPane.
Untuk bisa menggunakan class JoptionPane, maka perlu mengimpor dara package javax.swing.* dan gunakan method showInputDialog() yang terdapat pada class JOptionPane.

Java Documentation

Merupakan dokumentasi dari kelas-kelas yang sudah disediakan oleh java yang berupa API (Application Programming Interface), dan siap untuk digunakan.

II. Praktikum

Praktikum 1

1. Buatlah project baru dengan Neatbeans
2. File -> New Project -> Choose Project (Java Aplication)
3. Named and Location (Tentukan nama file project dan lokasi penyimpanan yang akan dibuat)
4. Buat File Empty Java File Baru (Klik kanan source -> New Other)
5. Pilih Java -> Empty Java File
6. Beri nama File Class Java yang akan dibuat serta tentukan lokasi penyimpanannya.
Menuliskan Kode Program Java
Java Input Data
7. Ketikkan Source Code berikut ini pada file Praktikum1.java


8. Simpan file tersebut
Menjalankan Program Java
9. Klik kanan pada file Praktikum1.java -> pilih Run File
10. Masukkan Nama, Kota asal, lalu hasilnya adalah sebagai berikut :

Praktikum 2

1. Buatlah file Empty Java File java pada project tersebut dengan nama Praktikum2.java
2. Ketikkan kode program berikut :


3. Jalankan program tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Praktikum 3

Membuat objek pada sebuah class

1. Buatlah file empty java file java pada project tersebut dengan nama Balok.java
2. Ketikkan kode program berikut :


3. Buatlah file empty java file java pada project tersebut dengan nama VolumeBalok.java
4. Ketikkan kode program berikut :


5. Jalankan file VolumeBalok.java tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

III. Latihan / Post Test

4. Buatlah program penerapan class, object, atribut, method seperti praktikum 3 dengan class/objek yang lain.

Disini saya akan membuat program tentang volume kubus.

Pertama, kita buat class baru dan beri nama Kubus.java
Class Kubus.java berisi tentang atribut yang akan digunakan untuk menghitung volume kubus.
Source Code nya adalah sebagai berikut :


Kedua, kita buat class baru dan beri nama VolumeKubus.java
Class VolumeKubus.java berisi tentang keselurahan program yang akan menghitung volume kubus.
Source Code nya adalah sebagai berikut :


Kemudian kita jalankan File VolumeKubus.java tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :


5. Modifikasi Praktikum 3, sehingga nilai balok untuk panjang, lebar, dan tinggi diinputkan seperti praktikum 1

Source code nya adalah sebagai berikut :


Dan class Balok.java harus dibawa karena berisi atribut untuk menjalankan program dari class PostTest5.java


Kemudian jalankan file PostTest5.java tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :


Kita inputkan Panjang : 5, Lebar : 6, Tinggi : 7, maka volume balok dari program tersebut adalah 210 cm3

IV. Tugas Individu

2. Buatlah Program Praktikum 3 dengan inputan data menggunakan JOptionPane

Berbeda dengan PostTest, kali ini kita akan menggunakan JOptionPane untuk menginputkan datanya
Source code nya adalah sebagai berikut :


Kemudian bawa kembali class Balok.java sebagai atribut untuk menjalankan program dari class TugasIndividu.java


Kemudian jalankan file TugasIndividu.java tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

DAFTAR PUSTAKA

Buku Modul Praktikum PBO FKOM Universitas Kuningan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Jaringan Komputer Modul 2 (IP Addressing dan Simulator Cisco Packet Tracer)

Laporan Praktikum Jaringan Komputer Modul 3 (Pengenalan VLAN)

Praktikum Jaringan Komputer Modul 7 (Static Routing)