Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) Modul 10 (Java)

GUI

I. LANDASAN TEORI

GUI (Graphical User Interface), memungkinkan user untuk berinterksi dengan komputer secara lebih baik. Pengguna berinteraksi dengan berbagai elemen grafis, diantaranya : button, dialog box, menu, dsb. Sejak 1994 Sun Microsystem berupaya untuk membuat JAVA memiliki perangkat bergaya desktop dengan ToolkitJava yang dikenal sebagai AWT (Abstract Windowing Toolkit) Tahun 1997, muncul JFC (Java Foundation Class) untuk kepentingan pembuatan aplikasi window yang merupakan pengembangan dari AWT. JFC mempunyai kode swing yang terdapat pada package yang disediakan pada JAVA SDK versi 1.2 keatas (JAVA 2).

Java menyediakan dua graphical library
- AWT (Abstract Windows Toolkit)
- Swing
Contoh :
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

Graphical Object

- Container (tempat), obyek yang dapat menampung komponen grafis dan tempat yang lebih kecil.
Contoh : frames, panels
- Component, obyek grafis yang berfungsi untuk menampilkan data, menerima masukan, atau menunjukan suatu kondisi,
Contoh : buttons, labels, text fields
- Event, obyek yang mempresentasikan suatu kejadian.
Contoh : gerakan mouse, penekanan tombol
- Listener, suatu obyek yang menunggu suatu kejadian khusus dan akan beraksi (melakukan sesuatu) jika kejadian tersebut terjadi.

JOptionPane merupakan class yang digunakan sebagai standar dialog box untuk antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk memfasilitasi entri data dan output data, memberikan informasi kepada pengguna aplikasi. Sebenarnya JOptionPane memiliki banyak method, dan kebanyakan method tersebut static method. Berikut ini 4 method dari JOptionPane yang sering digunakan.
  • showConfirmDialog
  • showInputDialog
  • showMessageDialog
  • showOptionDialog

JOptionPane Konstruktor

  1. JOptionPane () Menciptakan JOptionPane dengan pesan text.
  2. JOptionPane (pesan object) Membuat contoh JOptionPane untuk menampilkan pesan menggunakan jenis pesan polos-pesan dan pilihan default disampaikan oleh UI.
  3. JOptionPane (Object pesan, int messageType) Menciptakan sebuah instance dari JOptionPane untuk menampilkan pesan dengan jenis pesan tertentu dan pilihan default.
  4. JOptionPane (Object pesan, int messageType, int optionType) Menciptakan sebuah instance dari JOptionPane untuk menampilkan pesan dengan jenis pesan tertentu dan pilihan.
  5. JOptionPane (Object pesan, int messageType, int optionType, Icon icon) Menciptakan sebuah instance dari JOptionPane untuk menampilkan pesan dengan jenis tertentu pesan, pilihan, dan ikon.
  6. JOptionPane (Object pesan, int messageType, int optionType, Icon ikon, Object [] opsi) Menciptakan sebuah instance dari JOptionPane untuk menampilkan pesan dengan jenis tertentu pesan, ikon, dan pilihan.
  7. JOptionPane (Object pesan, int messageType, int optionType, Icon ikon, Object [] pilihan, Obyek InitialValue) Menciptakan sebuah instance dari JOptionPane untuk menampilkan pesan dengan jenis tertentu pesan, ikon, dan pilihan, dengan pilihan awalnya yang dipilih ditentukan.

II. PRAKTIKUM

JFrame sebagai Class Utama

 Untuk membuat sebuah windows (atau disebut juga dengan frame) dapat dilakukan dengan 2 cara.

Yang pertama adalah dengan membuat objek dari class JFrame.

Praktikum1

1. Buatlah project baru di Netbeans dengan nama Modul9PBO
2. Buat file empty java file baru
3. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Praktikum1.java


4. Run File Praktikum1.java, maka hasilnya adalah sebagai berikut :


Yang kedua adalah dengan membuat sebuah class yang merupakan subclass (class turunan) dari class JFrame lalu membuat instansi (objek) dari subclass tersebut.

Praktikum2

1. Buat file empty java file baru
2. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Praktikum2.java


3. Run File Praktikum2.java, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Praktikum3

1. Buat file empty java file baru
2. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Praktikum3.java


3. Run File Praktikum3.java, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Praktikum4

1. Buat file empty java file baru
2. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Praktikum4.java


3. Run File Praktikum4.java, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

III. POST TEST

Buatlah program GUI dengan mengimplementasikan komponen JFrameForm, JLabel, JTextField, dan JButton.

Disini saya akan membuat program tentang form login mahasiswa.

Pertama, kita buat terlebih dahulu class dengan nama Posttest.java 

Source Code nya adalah sebagai berikut :


Kemudian jalankan file Posttest.java tersebut, apabila username dan password sesuai maka akan menampilkan hasil seperti berikut :


Apabila username dan password tidak sesuai maka akan menampilkan hasil seperti berikut :

IV. TUGAS INDIVIDU

Untuk melatih kemampuan anda dalam memahami GUI di java, buatlah form berikut ini dengan menggunakan text editor semisal Jcreator atau Notepad++ atau edit plus (bukan GUI Editor/IDE semisal Netbeans). Gunakan layout management yang ada selain null layout.

Source Code :

 Hasil Running :

DAFTAR PUSTAKA

Buku Modul Praktikum PBO FKOM Universitas Kuningan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Jaringan Komputer Modul 2 (IP Addressing dan Simulator Cisco Packet Tracer)

Praktikum Jaringan Komputer Modul 7 (Static Routing)

Praktikum Jaringan Komputer Modul 4 (VLAN TRUNKING)